Sabtu, 02 Februari 2013

Si Penebar Pesona di Malam Hari

Assalamualaikuuuuum... pals!
Pesona Bunga Wijaya Kusuma


Iseng gak ada kerjaan, akhirnya diriku membuat postingan ini, selain itu juga karena faktor emak saya yang tengah menggandrungi tanaman kesayangannya ini, bunga Wijaya Kusuma.
Mungkin sebagian dari anda familiar dengan nama bunga yang satu ini, atau justru mengingatkan kita dengan dua artis Indonesia yang tergabung dalam kuartet Golden Girls, Nani Wijaya dan (almh) Ida Kusumah.
Hhee,,,



Nama bunga ini bukan diambil dari nama dua artis tersebut lho yah. Bunga ini memiliki nama latin Epiphyllum oxypetalum. termasuk jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae (kata buku Biologi). Nah, kalau nama Cinanya, Keng Hwah yang artinya Bunga indah dan agung. Bunga ini sebenarnya asli dari daratan Amerika Selatan. Makanya wujud tanaman ini hampir serupa dengan tanaman buah Naga (menurut saya sih), karena bentuk daunnya berupa helaian daun pipih yang keras berwarna hijau  memanjang dan mengecil pada ujungnya dengan tepi yang bergelombang dan permukaan daun yang halus serta tidak berduri.Tunas bunga Wijaya Kusuma akan muncul pada gelombang daun, berupa kuncup yang makin lama makin panjang tangkai bunganya hingga bunga itu menjuntai ke bawah. Tangkai dan kuncup bunga biasanya berwarna merah muda tetapi bunganya sendiri berwarna putih. (warna bunga favorit!)
Mirip kaya buah Naga kan?

Nih dia penampakan kembangnya...asli from pekarangan rumah saya
Di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama bunga Wijaya Kusuma atau Wijoyo Kusumo, entah apa yang menjadi asal muasal mengapa tanaman ini diberi nama Wijaya Kusuma. Namun, jika diartikan kurang lebih, bunga yang membawa kemenangan yang luar biasa (wuidiih). Di beberapa daerah di Indonesia bunga ini dipercaya memiliki kekuatan magis, dan sarat makna. Lantaran tiap masing-masing daerah memiliki mitos dan kepercayaannya sendiri-sendiri mengenai bunga ini, maka tak sedikit yang beranggapan bunga ini bunga keramat.Dalam cerita pewayangan jawa pun, bunga ini bertuah dan dipercaya bisa menghidupkan orang mati. (wuiiih)

Bunga ini dikategorikan langka dan sekaligus unik lho, bunga ini hanya mekar di malam hari, dan tidak semua dapat mekar dengan baik, karena tanaman ini tergantung pada iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaannya. Beruntung, tanaman ini berhasil mekar di pekarangan rumah saya (berkat izin Allah swt, dan ketelatenan saya, eh emak saya yg merawat tanaman ini). Diriku  berhasil mengabadikan momen-momen mekarnya si penebar pesona ini pada pukul 20:30 - 21:41 wib. cekidot!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar